Kemusykilan Rakyat: Mengqadha solat sunnat

Soalan
Assalamualaikum Ust Abdul Rahman, adakah kita boleh mengqadha solat sunnat yg kita tertinggal?
Terima kasih

Jawaban
Wa’alaikum salam wr wb, semua solat jika tertinggal kerana terlupa atau tertidur diboleh mengqadhanya termasuk solat2 sunnat yg Lawaadzim iaitu solat2 sunnat yg biasa dilakukan seperti solat2 sunnat Qabliyah, Ba’diyah Witir dan Dhuha.

Ini adalah berdasarkan dalil2 berikut:

Menurut Aisyah, dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam at-Tirmidzi, Rasulullah Saw selalu mengqadha shalat sunnah empat rakaat sebelum dhuhur dan melakukannya setelah shalat dhuhur.
عَنْ عَائِشَةَ رضي الله عنها أَنَّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم: كَانَ إِذَا لَمْ يُصَلِّ أَرْبَعًا قَبْلَ الظُّهْرِ صَلَّاهُنَّ بَعْدَهَا

Artinya: “Dari Aisyah Ra bahwa jika Rasulullah
Saw tidak mengerjakan shalat sunnah empat rakaat sebelum dhuhur, Rasulullah mengerjakannya setelah dhuhur.”

Dari hadits ini dapat dirumuskan bahwa Rasulullah tidak pernah meninggalkan shalat sunnah, khususnya shalat sunnah rawatib. Walaupun beliau tidak sempat mengerjakannya, Rasulullah mengqadhanya di waktu yang lain.

Dalam hadits riwayat Tirmidzi yang lain juga disebutkan bahwa Nabi menganjurkan orang yang tidak mengerjakan dua rakaat sebelum subuh untuk mengqadhanya setelah matahari terbit.

مَنْ لَمْ يُصَلِّ رَكْعَتَي الْفَجْرِ فَلْيُصَلِّهِمَا بَعْدَ مَا تَطْلُعَ
الشَّمْسُ
Artinya, “Siapa yang tidak mengerjakan shalat dua rakaat fajar maka hendaknya ia mengerjakannya setelah matahari terbit.”

Dalam riwayat lain, Nabi bahkan pernah mengqadha shalat dua rakaat ba’diyah dhuhur setelah shalat Ashar berdasarkan riwayat Ummu Salamah dalam Sahih Bukhari dan Muslim.

أن النبي صلى الله عليه وسلم قضى الركعتين اللتين بعد الظهر بعد صلاة العصر لما شغله ناس من بني عبد القيس

Artinya: “Sesungguhnya Nabi pernah qadha dua rakaat ba’diyah dhuhur (dan dilakukan) setelah shalat Ashar karena disibukkan oleh urusan Bani Abdil Qais.”

Kesimpulannya, kita dibolehkan mengqadha solat2 sunnat yg telah biasa kita lakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *